Blog ini untuk anak-anak Indonesia. Tempat bermain, belajar dan bersahabat agar dunia anak terasa begitu indahnya. Kenali budayamu dan cintai negerimu karena inilah warisan untuk hidup di masa depan. .
RSS

Senin, 15 Februari 2010

Si Unyil Kebanggaan Indonesia

Si Unyil merupakan tokoh boneka yang tampil pada Laptop si Unyil yang disiarkan di Trans7 setiap hari Senin sampai dengan Jumat pada pukul 13.00 WIB. Saat ini Si Unyil juga tampil di Buku Harian Si Unyil setiap hari Sabtu dan Minggu pada stasiun tv yang sama.


Tahukah kamu bahwa usia Si Unyil sebenarnya mendekati 29 tahun? Pertama kali diperkenalkan dan tampil di TVRI pada tanggal 15 April 1981 Si Unyil langsung mendapatkan simpati dari penonton di Indonesia. Penampilan Si Unyil setiap hari Minggu sangat dinantikan oleh anak-anak Indonesia. Bukan karena saat itu stasiun televisi Indonesia baru satu (TVRI), tetapi karena jalan cerita yang menarik dan pesan-pesan positif yang ditampilkannya.

Persahabatan, Kebersamaan dan Kehidupan Bermasyarakat adalah inti dari serial Si Unyil. Celotehan tokoh-tokoh Si Unyil seperti Pak Ogah dengan "cepek dulu dong" atau watak Pak Raden yang pemarah dan selalu membanggakan kebangsawanannya adalah gambaran yang sebenarnya ada dan dapat ditemui di masyarakat Indonesia.
Nilai-nilai positif dari Si Unyil inilah yang menyebabkan serialnya sangat digemari dan menjadikan bahan contoh pendidikan di masyarakat. Tampilnya Si Unyil saat itu juga menjadi sesuatu yang baru dan menjadi awal berkembangnya tokoh-tokoh boneka yang sangat Indonesia. Saat itu Si Unyil merupakan salah satu kebanggaan Indonesia. Karenanya tidaklah berlebihan bila boneka tokoh-tokoh dalam Si Unyil (yang ditampilkan dalam serialnya tahun 80-an) dapat ditemui di Museum Wayang di Jakarta.

Dalam Laptop Si Unyil dan Buku Harian Si Unyil bentuk tokoh-tokohnya sudah sedikit berbeda (lebih halus dalam pengerjaanya). Konsep yang ditampilkanpun sedikit berbeda terutama pada Laptop Si Unyil yang menampilkan petualangan Si Unyil di berbagai daerah di Indonesia. Laptop Si Unyil memberikan pengetahuan baru bagi anak-anak Indonesia berupa kekayaan budaya Indonesia. Intinya kedua tayangan tersebut tetap menampilkan Persahabatan anak-anak Indonesia.

Sebagai bahan pendidikan tidaklah berlebihan apabila Si Unyil menjadi tontonan wajib dan kebanggan anak Indonesia
.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

makasi ya om aii....
ditunggu cerita lainnya... :D

Posting Komentar